Kamis, 12 Juni 2008

Kritik diri sendiri sebelum mengkritik orang lain

sifat ingin menang sendiri mungkin sudah bukan hal biasa didalam kehidupan sehari-hari, yang paling nyata adalah bagaimana seseorang hanya bisa menyalahkan orang lain yang dianggapnya salah tanpa mau memikirkan apakah dirinya sendiri yang salah. semakin tinggi manusia memiliki jabatan dan gelar akan membuat manusia tersebut menjadi sombong dan angkuh. Padahal dirinya sendiri belum tentu suka apabila ditegur apalagi sampai disalahkan.
Pada prinsipnya manusia memang tidak suka dikritik, tapi yang terpenting bagaimana kita mau mengkoreksi diri kita terhadap kritik tersebut..bukannya malah mengkritik balik. memang susah menjadi pendengar yang baik akan tetapi sangat mudah menjadi pengkritik. Untuk dapat menerima suatu kritik diperlukan kesabaran didalam diri kita,...Tuhan dengan penuh kesabaran dan penuh kasih mau memaafkan manusia yang bersalah kepadanya..kenapa kita sebagai manusia tidak dapat melakukan pada sesama kita..sedangkan Tuhan yang maha kuasa saja mau melakukannya.
Marilah kita bersama-sama untuk belajar mengkritik diri kita sendiri....sebelum kita berani mengkritik dan menyalahkan orang lain.

Tidak ada komentar: