Rabu, 23 April 2008

UAN.....Bocor ? Trik menghadapi UAN...

UAN yang dilaksanakan tahun 2008 masih menemui permasalahan yang sama dari tahun sebelumnya, yaitu perihal kebocoran soal. Dari hasil pengamatan saya masih beredarnya kunci jawaban dikalangan pelajar melalui sms. Kebanyakan siswa menganggap serius hal tersebut padahal mereka belum mengetahui akan kebenaran sms tersebut. tetapi dalam bentuk apapun...yang namanya MEMBOCORKAN SOAL tetap tidak dapat dibenarkan. Sudah selayaknya lah pihak sekolah memberi pengertian kepada siswa untuk lebih giat percaya lagi didalam belajar dan selalu berdoa kepada Tuhan serta pentingnya mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Pada hari Senin 21/04/2008...sekolah tempat saya mengajar didatangi oleh beberapa siswa dari sebuah sekolah unggulan di Banjarmasin dan bertanya " Apakah disekolah ini ada menjual soal dan kunci jawaban untuk UAN ".... menurut kabar mereka mendengar gosip bahwa sekolah kami menjual soal UAN 2008...ada - ada saja! Dikalangan siswa kami sendiri juga beredar kunci jawaban yang dikirim oleh pihak - pihak tertentu tetapi mereka tidak mempercayainya sebab mereka merasa " jika mereka melihat jawaban tersebut... itu sama saja menyia-nyiakan persiapan mereka selama beberapa bulan ".
Ada beberapa cara yang dilakukan pihak sekolah untuk membantu siswanya dalam menjawab soal - soal UAN, antara lain melalui sms...atau dengan menyiapkan tim sukses. Bahkan ada pengawas yang membawa dan menggunakan ponsel selama mengawas ujian...mungkin saja mereka mengirim jawaban kesalah satu siswa mereka..mudahan saja tidak benar. Tetapi dengan alasan apapun tidak dibenarkan pengawad membawa ponsel kedalam ruang ujian.
Saya sendiri masih tidak percaya soal UAN bisa bocor..padahal pengawasan terhadap soal tersebut sudah sangat ketat. Sudah saatnya lah pihak berwajib mencari tau siapa dalang yang membocorkan soal UAn tersebut.
pesan saya untuk siswa yang akan mengikuti ujian UAN baik tingkat SMP maupun SMA
1. Persiapkan diri semaksimal mungkin antara lain kesehatan, mental, pelajaran
2. percaya kepada kemampuan diri sendiri
3. Yang paling penting adalah BERDOA kepada TUHAN...mohon penyertaan dari-Nya.
4. Persiapkan alat tulis ( pensil, penghapus, serutan pensil, penggaris )
5. Jangan sampai salah didalam pengisian no ujian, nama, dan sebagainya
Selamat menempuh UAN 2008. Masa Depan ditangan anda ....... Good Luck !

2 komentar:

Anonim mengatakan...

hahaha, memang maling selalu lebih pinter... waktu saya dulu juga ada bocoran pak, dapatnya malah dari sklh yg disebut unggulan... klo dikaanan sih gurnya betul2 pengajar, g mau memberi bocoran kesiswanya...
semoga adik2 kelasku lulus semua... GBU

Anonim mengatakan...

XNUAN BOCOR BIASA AJA KALI GURU JAKARTA AJA BIASA MELAKUKANNYA TUH